7 Layanan Google Yang Akan Dihentikan

7 Layanan Google Yang Akan Dihentikan. Google akan melakukan aksi bersih-bersih di berbagai fitur serta aplikasinya yang selama ini dinilai kurang berkembang dan tidak efektif.
7 Layanan Google Yang Akan Dihentikan

Urs Hölzle, Senior Vice President, Operations dan Google Fellow menyatakan, jika pemberhentian ini dilakukan sebab tidak sesuai dengan harapan awal yang diinginkan oleh Google.

Sebagaimana ditulis dalam Google Blog, penghentian ini untuk meningkatkan efisiensi dalam budget anggaran. Mengingat persaingan di ranah mobile serta sosial sangat ketat.

Lantas apa saja 7 layanan Google yang dihentikan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Google Bookmark List.

Layanan yang diluncurkan pada Maret lalu ini akan dihentikan pada 19 Desember 2011. Fitur ini memiliki fungsi untuk mendapatkan hasil penelusuran yang lebih personal sebab pengguna menandai dan menyimpan hasil penelusuran yang dianggap penting.

2. Google Friend Connect.

Layanan ini rencananya akan dihentikan pada 1 Maret 2012 yang kemungkinan akan digabungkan dengan fitur-fitur Google +. Google Friend Connect memungkinkan pengguna blog untuk menambahkan aplikasi serta memfasilitasi pengunjung untuk login ke berbagai akun sosial.

3. Google Wave.

Fitur ini sejatinya telah dimatikan pada 2010 silam. Proyek ‘gagal’ Google dalam terjun ke ranah jejaring sosial ini pada 31 Januari 2012 nanti para penggunanya tidak dapat membuat wave baru. Dan pada 30 April 2012 akan di-stop sepenuhnya.

4. Knol.

Fitur ini sejatinya digadang-gadang akan menyaingi Wikipedia. Sebuah ensiklopedia online yang diluncurkan sejak 2007. Knol masih dapat diakses hingga 30 April 2012. Dan mulai 1 Mei hingga 1 Oktober 2012 tidak dapat dibaca lagi namun pengunjung masih dapat mengunduhnhya.

5. Renewable Energy Cheaper than Coal.

Google menilai proyek ini sebaiknya dipegang oleh lembaga atau institusi yang lebih mumpuni. Proyek energi terbarukan yang lebih murah dari batubara ini kemudian diambil keputusan untuk dihentikan.

6. Google Gears.

Google rencananya akan mematikan fitur ini pada 1 Desember 2011. Sebagai gantinya, fitur yang muncul pada Mei 2007 ini akan diekplorasi kemampuannya pada HTML5.

7. Google Search Timeline.

Fitur ini memiliki kemampuan untuk melihat timeline atau kronologi hasil penelusuran pada sebuah kata kunci yang dicari. Namun bagi mereka yang ingin melihat fitur ini dapat mengaksesnya di Google Trends.

Itulah 7 Layanan Google Yang Akan Dihentikan.

6 Comments

  1. Ageboy 28 November 2011
  2. cardiacku 29 November 2011
  3. yuninurita 29 November 2011
  4. Asis Sugianto 29 November 2011
  5. (Aku Bukan) Bang Thoyib 29 November 2011
  6. Deganshah Putra 30 November 2011

Leave a Reply