8 Cara Mengelola Smartphone Android Melalui Desktop

Cara Mengelola Smartphone Android Melalui Desktop | Terserah.info – Betapapun canggihnya smartphone yang kita miliki, adalah suatu hal yang tidak mudah untuk mengelolanya dengan sempurna. Kenapa? Karena smartphone dibatasi oleh layarnya yang kecil serta keharusan untuk bisa bisa menampilkan hanya satu aplikasi pada setiap tampilan.

Maka, untuk mengelola ribuan file foto, video dan musik tentu akan lebih mudah dilakukan melalui desktop.  Di sinilah peran aplikasi-aplikasi yang akan kami sebutkan di bawah ini berfungsi.

Selain dapat mentransfer file berukuran besar dari ponsel ke desktop, aplikasi berikut juga memungkinkan kita untuk mengelola file dengan lebih baik di ponsel kita. Beberapa aplikasi ini bahkan memberi kami akses ke kamera telepon, atau untuk mengambil tangkapan layar seluler dari desktop.

Yang terpenting, kita bisa melakukan semua ini tanpa dibatasi oleh OS desktop yang berbeda. Ini dia aplikasi-aplikasi yang bisa kita gunakan:

1. Airmore

Airmore adalah aplikasi yang memungkinkan kita melakukan streaming video, foto dan koleksi musik yang ada pada pada smartphone kita. Pengaturan foto dapat disetting per hari atau bulan untuk memudahkan download atau dihapus. Dengan Airmore, kita juga dapat mengatur kontak, mengirim beberapa pesan sekaligus ke teman atau bahkan membuat panggilan.

Cara menggunakan Airmore:

  1. Pasang aplikasi untuk Android atau iOS. Buka aplikasi
  2. Buka Airmore Web pada browser PC, dan pindai kode QR yang ditampilkan. Klik “Terima” pada ponsel.
  3. Sebagai alternatif, koneksi dapat dilakukan melalui IP atau kode atau koneksi hotspot mobile.
Airmore

Airmore

Dengan Airmore, kita dapat menghubungkan Android ke Mac, atau juga iOS ke PC . Airmore memungkinkan kita mengatur semua file baik pada memori telepon dan kartu SD, dan tentu saja, mentransfer file antara telepon dan PC dengan sangat mudah.

2. Connect Me

Connect Me memungkinkan kita untuk melakukan streaming video atau media lain yang tersimpan di telepon. Kita bahkan dapat menautkan ke kamera telepon dan melihat umpan dari desktop. Selain itu, kita dapat mengirim SMS dan melakukan panggilan telepon dengan mudah tanpa menyentuh telepon Anda. Aplikasi ini bahkan akan memberitahu kita bila seseorang menelpon atau mengirimi Anda pesan.

Cara menggunakan Connect Me:

  1. Pasang aplikasinya dan buka.
  2. Dengan jaringan WiFi, kunjungi alamat web yang ditampilkan di aplikasi atau masuk ke web.gomo.com. Klik ‘OK’ pada ponsel untuk menghubungkan.
  3. Sebagai alternatif, kita dapat menghubungkan PC ke WiFi ponsel dengan nama yang dihasilkan oleh aplikasi. Buka URL yang ditampilkan di ponsel kita dengan browser pada PC.

Connect Me bisa bekerja pada Windows, Mac, Linux, Chrome OS dan bahkan Smart TV. Aplikasi ini juga memungkinkan kita mengirim ringtone, data clipboard, file APK atau URL push ke telepon kita. Dengan akses root, kita bahkan bisa mengambil screenshot dari ponsel.

3. Airdroid

Airdroid adalah salah satu aplikasi Mobile to PC yang paling populer dan dilengkapi dengan banyak fitur. Fitur-fitur ini mencakup kemampuan untuk menampilkan pemberitahuan dari panggilan masuk atau pesan, serta pemberitahuan aplikasi dari aplikasi olah pesan seperti Whatsapp.

Cara menggunakan Airdroid

  1. Pasang Airdroid, dan buka aplikasi.
  2. Buka Airdroid Web dan pindai kode QR untuk terhubung.
  3. Sebagai alternatif, Anda dapat mendownload aplikasi desktop untuk Windows atau Mac OS X. Memulai aplikasi di desktop akan meluncurkan aplikasi di ponsel Anda.

Airdroid juga bekerja dengan baik saat mentransfer file antara telepon dan PC, dan juga memungkinkan link desktop ke kamera telepon. Fitur keren yang dimilikinya adalah AirMirror, yang memungkinkan kita menjalankan aplikasi Android langsung dari PC dengan antarmuka yang sama di smartphone (namun ini memerlukan akses root pada Android kita).

4. Web PC Suite

Web PC Suite memungkinkan kita melihat dan mentransfer foto, musik, video, dokumen, APK, dan jenis file lainnya dari Android ke PC, melalui WiFi atau hotspot pribadi. Fungsi antarmuka melalui drag-and-drop.

Bagaimana cara menggunakan Web PC Suite

  1. Download aplikasi dan buka.
  2. Buka ke websitenya dan scan QR code disana. Sebagai alternatif, kita juga bisa login melalui akun kita.

Web PC Suite bekerja di berbagai platform desktop, seluler, dan tablet yang menjembatani transfer antara Android, iOS, Symbian, Windows Phone dan Blackberry dengan PC, OS X dan Linux.

5. Mighty Text

Mighty Text khusus dibuat untukyang masih menggunakan SMS. Dengan Mighty Text, kita dapat mengirim atau menerima SMS atau MMS di PC menggunakan nomor telepon kita, atau mengirim SMS dari akun Gmail. Aplikasi ini dilengkapi dengan PowerView yang memungkinkan kita melakukan beberapa kegiatan sekaligus.

Cara menggunakan Mighty Text

  1. Pada halaman instalasi, masukkan nomor ponsel Android Anda agar aplikasi dikirim ke telepon Anda.
  2. Instal plugin atau ekstensi pada browser yang biasa kita gunakan. Untuk mengirim teks dari Gmail, dapatkan ekstensi yang dibutuhkan di halaman yang sama.
  3. Luncurkan Aplikasi Web untuk mulai menggunakan.

Aplikasi ini juga memberi tahu pengguna pemberitahuan aplikasi masuk ke telepon mereka, dan mengizinkan pemberitahuan ini diberhentikan di PC. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan menyinkronkan untuk foto dan video, dan kita dapat menambahkan filter ke foto di PC.

Ada versi Pro dari aplikasi ini yang dibekali fitur tambahan seperti mengirim dan membalas pesan teks melalui email, mengubah tema, memblokir nomor, membuat template dan tanda tangan serta menjadwalkan pesan.

6. Xender

Xender adalah aplikasi hebat untuk mentransfer semuanya dari file, foto, musik, video ke aplikasi antara dua ponsel Android atau dari Android ke perangkat PC, Mac atau iOS. Mode Connect PC memungkinkan pengguna melihat semua file yang ditemukan di telepon mereka, dari aplikasi, foto, video, musik dan bahkan file dari penyimpanan ponsel kita.

Cara menggunakan Xender

  1. Pada browser PC, buka web.xender.com.
  2. Download dan buka aplikasi di ponsel.
  3. Klik tombol Transfer dan pilih perangkat yang akan ditransfer.
  4. Jika memilih Mac atau PC, kita harus memilih untuk memindai kode QR di ponsel kita. Pindai kode untuk menghubungkan.

Transfer antar telepon Xender tidak membutuhkan data, dan mendukung transfer file antara perangkat iOS dan Android secara mulus. Dua fitur keren yang dimiliki Xender adalah kita dapat membuat grup hingga 4 perangkat, dan secara teratur membagikan file kita ke grup yang sama, dan dapat mentransfer semua yang kita butuhkan dari telepon lama ke Telepon baru dengan mulus

7. Mobizen

Mobizen memungkinkan kita mengakses dan mentransfer file antara Android dan komputer, dan memungkinkan kita mengakses semua file multimedia di telepon, termasuk kontak dan panggilan. Mobizen juga memungkinkan kita berbagi musik dengan speaker dan foto dan video ke layar desktop yang lebih besar, merekam layar Android (minus rooting), dan menggunakan Android dari layar komputer.

Cara menggunakan Mobizen

  1. Pasang aplikasi di Android kita. Ada dua pilihan: satu untuk perangkat Samsung dan yang lainnya adalah untuk perangkat non-Samsung.
  2. Dapatkan plug-in browser.
  3. Masuki aplikasi Android dan aplikasi web.
  4. Kita akan menerima 6 digit pin yang harus dimasukan di aplikasi Android untuk terhubung.

Kita dapat terhubung dalam beberapa cara: koneksi WIFI, USB atau bahkan 3G / LTE. Untuk koneksi tercepat, koneksi USB adalah yang terbaik. Aplikasi ini berjalan sangat lambat saat terhubung melalui WiFi. Mobizen juga hadir dengan fitur “Temukan Perangkat Saya” untuk membantu menemukan ponsel kita.

8. Wifi File Transfer

WiFi File Transfer  dapat melakukan semua yang aplikasi lainnya dalam daftar ini bisa lakukan, namun dengan cara yang relatif tradisional. Dengan aplikasi kecil ini kita bisa melihat-lihat semua file dan folder di Android via WiFi dengan FTP (File Transfer Protocol).

Cara menggunakan Transfer file WiFi

  1. Download aplikasinya.
  2. Pastikan Android dan PC Anda berada pada jaringan WiFi yang sama.
  3. Buka aplikasi dan klik “Start Service”.
  4. Copy dan paste alamat URL yang ditampilkan di aplikasi, ke aplikasi klien FTP Anda, atau Windows Explorer (jika Anda menggunakan windows) atau cukup buka URL di browser. Anda akan menemukan semua file di Android Anda.

Jika kita menggunakan klien FTP, perintah seperti menyalin, menghapus atau mendownload file ada pada aplikasi klien FTP default. Kita tidak akan menemukan perintah ini di browser. Pada dasarnya, aplikasi ini bisa melakukan transfer cepat, aman dan efisien namun kita harus melakukannya tanpa antarmuka pengguna.