Cara Logout Akun Gmail di Aplikasi Android

Jika anda memiliki aplikasi di android maka anda kadang menemukan ada aplikasi yang sudah sign-in ke aplikasi tersebut dengan gmail milik anda, misalnya saja anda memiliki google chrome, atau aplikasi email di android. Nah, kadang kita menginginkan menggunakan email lain ketika menggunakan aplikasi tertentu.

Bagi yang sudah mahir menggunakan ponsel android mungkin akan sangat mudah mengetahui bagaimana cara logout di aplikasi android, namun bagi anda yang masih baru dalam dunia teknologi mungkin akan sedikit mengalami kesulitan, atau bahkan bukan sedikit, melainkan benar-benar sulit dan tidak menemukan cara keluar / logout akun Gmail dari aplikasi android anda.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut, maka akan saya jelaskan terlebih dahulu agar kalian tidak bingung. Ada aplikasi email di android dimana langsung terkoneksi ke aplikasi lainnya yang berada di android tersebut, sehingga apabila anda sekali login maka biasanya aplikasi tersebut akan menggunakan email yang sudah terdaftar pada aplikasi android, email ini digunakan pada banyak aplikasi karena aplikasi biasanya memerlukan akses untuk orang-orang yang merupakan pemiliknya, jadi semua transaksi akan langsung berurusan dengan si pemilik.

Aplikasi yang ada di android seperti facebook, Google Chrome, Play store, Twitter, Browser Internet dll kadang secara otomatis sudah menggunakan email yang berasal dari email login di android, namun anda sebenarnya dapat login dengan menggunakan akun email launnya, jadi anda bisa login dengan beda email dari aplikasi Gmail Android dan aplikasi Chrome.

Gmail Android

Email login di Gmail

Gmail Chrome

Gmail Chrome

Nah, untuk logout akun Gmail di Android akan saya berikan tutorialnya, amat mudah sebenarnya, tapi mungkin tidak bagi anda, langkah-langkahnya seperti dibawah ini :

  • Masuk ke bagian Setting, lalu setelah itu pilih bagian Accounts

Logout Akun Gmail 1

  • Setelah itu pilih yang bertuliskan Google.

Logout Akun Gmail 2

  • Pada bagian ini anda akan diarahkan pada email yang sedang login pada android anda, silahkan anda klik bagian tersebut untuk me-remove, tampilannya seperti dibawah ini :

Logout Akun Gmail 3

  • Pada bagian ini anda akan melihat menu Remove Account, anda bisa klik bagian tersebut, ketika anda sudah meremove akun email tersebut maka anda secara otomatis akan logout / keluar, maka anda dapat menggunakan email lainnya untuk login pada android tersebut.

Logout Akun Gmail 4

Langkah diatas sangat mudah untuk dipraktekan, anda tidak perlu lagi susah-susah untuk logout di HP android anda. Cara diatas menggunakan HP samsung, mungkin agak berbeda dari HP lainnya, atau tipe lainnya, namun hanya saja perlu diingat bahwa urutsan yang saya jabarkan merupakan langkah kebanyakan HP.

Jika tampilannya berbeda, maka anda harus mengikut nama menunya seperti Settings > Account > Email > Remove Email. Mudahkan, hanya beberapa langkah saja, anda sudah bisa melakukan sendiri, jika anda masih bingung, anda bisa bertanya pada kolom komentar yang disediakan.

Tags:,