Cara Membersihkan Memori Smartphone dari Foto WhatsApp yang Menumpuk

Cara Membersihkan Memori Smartphone dari Foto WhatsApp | Terserah.info – WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instant paling populer di Indonesia. Pasti saudara tiri facebook tersebut sudah ada di smartphone anda. Bila belum download dulu di link Download Aplikasi WhatsApp semua Tipe HP.

Salah satu fitur yang paling sering kita gunakan adalah grup. Memang mengasyikkan ngerumpi di grup.  Kita bisa berbagi cerita lucu, meme kocak, atau foto-foto jadul.

Namun ada yang cukup mengganggu dengan fitur ini. Yaitu setelan defaultnya setiap gambar yang dikirim melalui grup WhatsApp akan tersimpan otomatis di ruang penyimpanan HP kita.

Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp

Jika masih sedikit mungkin masih tidak masalah, namun ketika grup sangat aktif sehingga gambar-gambar yang dikirim semakin banyak maka gambar-gambar tersebut akan menumpuk ratusan bahkan mungkin ribuan. Hal ini tentu akan mengurangi ruang penyimpanan HP kita sehinga cepat penuh.

Trus bagaimana cara untuk mengantisipasinya?

Cara Membersihkan Penyimpanan Smartphone dari Foto-Foto WhatsApp yang Menumpuk

Ada beberapa teknik, sebenarnya. Salah satunya, tidak mengaktifkan opsi download gambar otomatis di setelannya.

Namun kali ini kita coba gunakan sebuah aplikasi bernama Magic Cleaner for WhatsApp. Aplikasi gratis ini berukuran tak terlalu besar, hanya 9 MB saja. Ia bisa diinstal melalui playstore. Atau klik link ini.

Setelah aplikasi terinstal dan anda buka maka Anda akan temukan gambar seperti di bawah ini. Tekan gambar kakek yang ada di bawah seperti pada gambar.

Magic Cleaner for WhatsApp

Magic Cleaner for WhatsApp

Maka program tersebut akan menganalisa gambar-gambar yang ada di penyimpanan HP Anda dan memilah-milahnya. Lama proses pemilahan bergantung pada jumlah foto yang tersimpan. Semakin banyak tentunya semakin lama.

Oya, Magic Cleaner ini akan menganalisa 500 foto pada setiap sesinya.

Kehebatan Aplikasi ini adalah dia bisa memilah setiap gambar dan mengelompokannya apakah dia penting atau tidak. Dia juga bisa membedakan gambar kartun, meme dan screenshot. Hasil pemilahannya seperti yang dapat terlihat pada gambar dibawah:

Proses pemilahan foto

Proses pemilahan foto

Anda bisa memilih kelompok foto mana yang akan dihapus dengan cara menekan ikon tempat sampah di sudut kanan bawah.

Apabila masih banyak foto yang belum dianalisa, klik Continue Analysis.

Continue Analisys?

Continue Analysis?

Nah, sekarang ruang penyimpanan HP Anda sudah bersih dari gambar-gambar yang tidak penting.

Selamat mencoba!