Cara Melakukan Video Call pada WhatsApp Terbaru

Cara Melakukan Video Call pada WhatsApp | Terserah.info – Sejak Rabu 16 Nopember 2016, pengguna WhatsApp di Indonesia khususnya untuk yang versi Andriod dan iOS sudah dapat menikmati fitur panggilan video (video call).  Untuk dapat menggunakannya, pengguna harus mengapdet aplikasi WhatsApp nya ke versi terbaru.   Untuk pengguna iOS harus memperbarui ke versi 2.16.17 dan pengguna Android ke versi 2.16.352.

Dengan ini maka aplikasi yang dimiliki oleh Mark Zuckenberg ini menyusul aplikasi-aplikasi perpesanan lain yang telah lebih dulu menggunakannya seperti Line, Facebook Messenger, Snapchat, Skype, Allo dan BBM. 

Saya sendiri selama ini lebih sering menggunakan Line untuk menggunakan Video Call karena relatif ringan.  Setelah WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya ini, rasanya saya harus sering mencobanya juga untuk melihat perbedaannya.

Lalu bagaimana cara melakukan Video Call dengan menggunakan WhatsApp?

Cara melakukan Video Call dengan menggunakan WhatsApp

Untuk melakukan panggilan video caranya mudah saja.  Pertama, pillih kontak yang akan kita lakukan video call.  Setelah itu, di pojok kanan atas pada layar percakapan dengan kontak, kita akan melihat pilihan untuk melakukan video call atau voice call.

Ternyata ada sedikit perbedaan desain pada menu ini antara WhatsApp versi Android dan iOS, seperti terlihat pada gambar berikut:

Perbedaan desain WA pada iOS (kiri) dan Android (kanan)

Perbedaan desain WA pada iOS (kiri) dan Android (kanan)/sumber: Kompas

Pada versi Android, menu video call tidak langsung terlihat.  Tetapi kita harus menekan ikon telepon dulu yang berada di pojok kanan atas (lihat gambar kanan).  Setelah itu baru muncul pilihan Voice Call dan Video Call.  Nah selanjutnya, pencet yang Video Call.

Tentunya kontak yang anda lakukan panggilan harus dipastikan telah melakukan pembaruan ke versi terbaru juga.

Cara Video Call Wa pada Android

Cara Video Call Wa pada Android/sumber: Kompas

Sementara, pada versi iOS, pilihan Voice Call dan Video Call langsung terlihat ketika kita memilih kontak (lihat gambar kiri di atas). Bentuknya berupa ikon gambar gagang telepon dan gambar video.

Langkah-langkah Video Call dengan menggunakan WhatsApp

Jadi secara singkat, berikut langkah-langkah untuk melakukan video call pada WhatsApp:

  • Perbarui WhatsApp ke versi terbaru baik pada Android maupun iOS
  • Pilih kontak yang anda akan lakukan video call
  • Pada versi iOS, pencet langsung tombol video call di pojok kanan atas layar
  • Untuk pengguna Android, pencet gambar ikon telpon pada pojok kanan atas lalu muncul pilihan voice call atau video call
  • Lakukan video call

Bagaimana kualitasnya?

Secara umum, kualitas video call pada Whatsapp ini cukup bagus.  Bisa bersaing dengan Line atau Allo.  Namun tentu saja ini juga bergantung pada kualitas koneksi internet anda.

Namun sayang, panggilan video WhatsApp belum bisa dilakukan pada percakapan grup atau juga percakapan dengan lebih dari dua orang seperti pada Skype.

Nah, sudah tidak sabar untuk menjajal video call dengan WhatsApp? Hayu… 🙂

Untuk WhatsApp versi iOS terbaru bisa didownload pada App Store di sini dan untuk versi Android bisa didownload pada Play Store di di sini.

Selamat menikmati!

Cara Melakukan Video Call pada WhatsApp Terbaru | admin admin | 4.5
error: Content is protected !!