Cara Membuat Email Gmail, Yahoo, Hotmail Terbaru (Gambar)

Cara Membuat Email Gmail, Yahoo, Hotmail Terbaru – Sudah banyak penyedia email gratis seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dll. Pada situs penyedia email gratis tersebut kita dapat membuat email secara gratis. Namun jika anda masih belum memiliki email dan bingung bagaimana cara membuat email dari situs-situs tersebut, maka saya akan beritahu caranya beserta dengan gambar untuk mempermudah. Nah, sebelum pada tahap pembuatan ada baiknya sedikit saya bahas mengenai pentingnya email anda yang bergelut didunia online.

Email sangat penting untuk anda yang bergelut di bidang online, misalnya saja anda yang ingin aktif dalam suatu sosial media seperti facebook, twitter, linkedin, google plus dsb, pastinya anda harus mendaftar ke sosial media tersebut dengan menggunakan email. Atau misalnya saja anda yang ingin mencari pekerjaan pada situs lowongan kerja online pastinya anda harus memiliki email ketika mendaftar dan atau untuk berkomunikasi dengan perusahaan yang anda apply.

Selain itu email juga diperlukan untuk anda yang ingin menerima artikel berlangganan / berita langganan dari suatu website yang menyediakan fitur berlangganan artikel melalui email. Ternyata email cukup penting juga ya untuk dimiliki. Nah, jika anda sudah ingin membuat email sendiri, maka anda bisa mengikuti step-step yang saya berikan untuk membuat email dari Gmail, Yahoo dan Hotmail.

Cara Membuat Email di Gmail

Cara Membuat Email di Gmail

Gmail merupakan situs penyedia email gratis milik google, kapasitas penyimpanan email yang disediakan oleh google adalah 15 Gb. Ukuran ini menurut saya sudah cukup untuk menampung ribuan email yang anda ingin simpan di akun Gmail anda. Nah, untuk cara membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk Ke Gmail.com, kemudian akan tampil form login, namun anda belum punya akun gmail sehingga anda harus membuatnya dengan mengklik tombol Create Account.

2. Kemudian anda akan dibawa ke form pendaftaran, yang terdiri atas beberapa bagian seperti dibawah ini :

  • Name : Nama anda, misal saja, First : Onno  & Last : Purbo. 
  • Username  : Username anda yang nantinya akan jadi awalan gmail, sebagai contoh : terserahinfoblog@gmail.com. 
  • Password (dan confirm password) : Isikan password sesuai yang anda inginkan, kemudian ketik ulang di bagian confirm password. Pastikan ingat-ingat password anda, karena ini akan digunakan untuk login.
  • Birthday (Month, Date, Year) : Isikan waktu lahir anda, dimana anda harus mengisi Bulan, Tanggal dan Tahun sebagai contoh (7 November 1989).
  • Gender : Pilih gender Female (wanita) atau Male (Pria).
  • Mobile Phone : Isikan nomor HP anda ini wajib untuk verifikasi code nantinya, pastikan nomor HP yang anda masukan benar, ini nantinya digunakan untuk langkah keamanan akun gmail andaPerhatikan, biasanya dibagian awal nomor HP perlu ada kode negara, misalnya saja kode negara Indonesia adalah +62, jadi dikotak selanjutnya anda hanya perlu memasukan sisa nomornya. Misal nomor HP anda adalah 0856 1234 5678, anda hanya perlu memasukan 856 1234 5678,  tanpa bagian huruf 0 pada bagian depan karena sudah digantikan dengan kode negara +62. Lengkapnya adalah +62 856 1234 5678.
  • Your Current Email Address : Jika anda memiliki email lain sebelumnya, anda bisa memasukan email anda disini, ini maksudnya untuk sebagai pelengkap keamanan akun gmail anda, namun jika anda baru pertama kali membuat email atau anda hanya ingin mengosongkan bagian ini sah-sah saja, itu hak anda.
  • Location : Pilih negara anda!
  • Form Registrasi Gmail Dari Google
  • Jika sudah selesai semuanya diisi, maka anda tinggal klik tombol Next Step.

3. Lalu akan ada muncul Privacy and Terms berupa modal pop-up. Kemudian ada tombol Cancel dan Agree, dan anda harus memilih tombol Agree, namun yang terlihat adalah tombol Agree tidak bisa dipilih karena masih ter-disable, dan agar tombol agree dapat dipilih maka anda harus scroll Privacy and Terms nya, setelah di scroll sampai bawah maka akan seketika tombol Agree bisa dipilih.

Privacy and Terms Google Gmail

4. Kemudian anda akan disuruh verifikasi nomor anda apakah benar-benar aktif nomor yang anda masukan atau hanya nomor asal-asalan, maka nanti anda dapat melakukan verifikasi berupa Text Message (SMS) atau Voice Call. Anda pilih SMS saja untuk google mengirimkan kode verifikasinya, setelah itu klik tombol Continue.

Verifikasi

5. Kemudian setelah pilih Continue pada langkah nomor 4 sebelumnya maka anda akan dibawa ke tempat memasukan kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui SMS ke nomor HP anda yang sudah anda masukan tadi, mungkin kodenya tidak langsung masuk dan perlu menunggu hingga 15 menit. Jika kodenya sudah masuk anda dapat mengulanginya lagi dengan memilih link try again. Namun jika kodenya sudah masuk ke HP anda maka anda tinggal memasukannya ke bagian Enter Verification Code, dan setelah itu pilih Continue.

Send Code

6. Selamat!, Akun gmail anda sudah aktif silahkan pilih tombol Continue to Gmail, berarti anda sudah memiliki email Gmail, jadi anda bisa login dengan username dan password anda, pastikan anda minimal 4 bulan sekali login jika memang anda sangat jarang buka email, karena dalam kurun waktu 6 bulan email anda akan hangus dan isi email anda akan hilang.


error: Content is protected !!