Bagaimana Cara Memilih Ukuran TV LED yang Tepat

Cara Memilih Ukuran TV LED yang Tepat | Terserah.info РTelevisi merupakan sumber hiburan di rumah yang paling banyak dimiliki masyarakat kita saat ini. Ya, meskipun mungkin smartphone sudah mulai mendesak popularitasnya, tetapi TV masih memiliki beberapa kelebihan.

Melalui televisi, kita bisa menonton berita, sinetron, film, kuis, acara komedi, musik atau sepakbola – tentu tergantung preferensi kita, dengan duduk santai di sofa bersama keluarga.

Cara Memilih Ukuran TV yang Tepat

Cara Memilih Ukuran TV yang Tepat

 

Ruang TV adalah tempat berkumpul yang paling mengasyikkan. Kita bisa berbincang tentang apa saja sambil menonton televisi. Namun, agar lebih enak ketika menonton, ukuran TV seharusnya juga disesuaikan dengan besarnya ruang keluarga yang kita miliki.

Bagaimana cara menghitung besaran ukuran TV yang ideal? Nah, mari kita bahas di sini.

Ukuran TV yang Semakin Besar

Berkembangnya teknologi pertelevisian menyebabkan kini ukuran TV semakin besar. Bila dahulu ketika masih zaman tabung, ukuran 29 sudah terlihat besar, kita di zaman TV LED ukuran TV sudah jauh lebih dari itu.

Dalam hal ukuran, TV dengan ukuran lebih besar jelas lebih diminati. Namun, tentu saja ini berkorelasi dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membelinya. Semakin besar, akan semakin mahal.

Baca Juga: Mengenal OLED TV, Generasi Baru Televisi Kelas Tertinggi

Menurut salah satu survey, saat ini di seluruh dunia rata-rata sebuah keluarga memiliki minimal TV dengan ukuran 40 inch. Masyarakat Amerika Serikat, pada tahun 2015 diketahui membeli TV dengan ukuran rata-rata 42,6 inchi, dan naik menjadi 44,5 inchi pada tahun 2016. Masyarakat Tiongkok lebih besar lagi. Ukuran rata-rata TV yang dibeli pada tahun 2015 adalah 43,0 inchi dan naik menjadi 43,9 tahun 2016.

Untuk tipe Ultra High Definition (UHD), ukuran TV yang paling banyak diminati konsumeb adalah ukuran 55 inchi.

Selain ukuran layar, perubahan signifikan TV terbaru ada pada ukuran pada bezel atau bingkai. Jika dulu TV layar besar mempunyai bingkai yang tebal sehingga mengganggu pandangan, bezel TV-TV keluaran terbaru terlihat jauh lebih tipis, sehingga membuatnya terlihat lebih elegan.

Memilih Ukuran TV yang tepat

Memilih ukuran TV yang tepat haruslah disesuaikan dengan ruangan yang tersedia. Karena ukuran yang terlalu besar malah akan memberikan kesan yang sempit pada ruangan keluarga anda. Selain itu juga bergantung pada resolusi TV yang akan dipilih.

Untuk TV Full HD (FHD TV), ukuran terbaik dapat diketahui dengan mengalikan jarak dari TV ke sofa dalam meter dengan 25. Misal, Jika jarak antara TV dengan sofa di ruang keluarga kita 2 meter, maka ukuran TV ideal adalah 50 inchi. Demikian pula bila jarak 3 meter, berarti ukuran TV idealnya 75 inchi.

Sementara untuk jenis TV dengan resolusi sangat tinggi atau Ultra High Definition (UHD TV) pengalinya adalah 39. Ini karena jenis UHD TV memiliki kualitas gambar yang superior dan detail. Jadi bila jarak TV dengan sofa 2 menter, sebaiknya TV yang dipilih berukuran 78 inchi. Bila tiga meter, pilihlah yang berukuran 117 inchi.

UHD TV atau dikenal dengan juga dikenal sebagai TV 4K adalah generasi terbaru TV dengan jumlah pixel empat kali lebih padat daripada FHD TV. Jika layar FHD TV memiliki resolusi 1920 sampai 1080 pixel, UHD TV bisa mencapai 3840 sampai 2160 pixel. Karenanya, tampilan gambar yang dihasilkan jauh lebih memukau.

Maka, kita bisa menikmati menonton TV UHD dengan ukuran lebih besar dari FHD dari jarak yang sama tanpa khawatir menyebabkan ketegangan pada mata.

Berapa Jarak Ideal Menonton TV?

Pertanyaan yang juga penting adalah berapa sebenarnya jarak yang ideal antara sofa dan TV? Organisasi standar internasional ITU-R menyarankan jarak terbaik untuk FHD TV ukuran 50 Inch adalah di bawah 3 meter.

Bila jaraknya di bawah 2 meter, sebaiknya Anda memilih TV yang lebih kecil atau pilih UHD TV, karena akan membuat mata tidak nyaman.

Untuk UHD TV dengan ukuran layar lebih dari 85 inchi, jarak antara TV dengan tempat duduk adalah sekitar 1,6 sampai 3,3 meter.

Demikian bahasan tentang bagaimana cara memilih ukuran TV.  Semoga bermanfaat.