Cara Mengatasi Game Android Yang Tiba-Tiba Keluar

Pengguna ponsel android rata-rata menyukai android karena beberapa alasan, salah satunya adalah game. Game yang disediakan oleh android pun memang bermacam-macam, mulai dari game football manager, game balapan, game memasak, game bola, game-game RPG seperti COC, game angry bird, flappybird dll. Ada yang tergolong game ringan dan game HD. Untuk beberapa game memang ada yang membutuhkan spesifikasi smartphone yang besar agar game yang dijalankan tidak lemot atau bahkan tiba-tiba keluar atau biasa disebut force close. Namun jika spesifikasi yang sudah mumpuni pada gadget android anda sudah tinggi seperti RAM dan Processor berarti ada yang salah dengan ponsel anda.

Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang Di Android

Beberapa error yang terjadi di HP anda memang kadang sulit untuk dideteksi alasannya, namun anda bisa menggunakan beberapa aplikasi bantuan yang dapat mencegah dari game yang tiba-tiba keluar sendiri (force close). Aplikasi bantuan ini memang tidak memiliki tingkat keberhasilan 100%, namun setidaknya meminimalisir error yang terjadi. Nah, berikut ini adalah daftar aplikasi untuk mengatasi game android yang tiba-tiba keluar (force close):

  1. Menggunakan Aplikasi Task Killer – Untuk apa sih aplikasi Task Killer?, aplikasi ini dapat anda gunakan jika saja anda ingin menghentikan beberapa proses di HP anda yang anda anggap dapat memberatkan kinerja HP anda, anda dapat memilih aplikasi mana yang perlu dimatikan, sehingga jika anda bermain game resource yang digunakan untuk game tersebut masih memiliki kecukupan dan tidak berat. Aplikasi ini dapat anda jalankan tanpa harus melakukan Root HP android anda.
  2. Menghapus Task Secara Manual – Untuk melakukan cara ini anda tidak memerlukan aplikasi tambahan, cukup lakukan dengan cara tekan tombol back yang agak lama dan kemudian nanti akan muncul history aplikasi apa saja yang pernah anda gunakan dalam beberapa waktu sebelumnya. Silahkan hapus satu-persatu dengan cara menggeser ke-samping agar aplikasi yang tampil dapat terhapus.
  3. Membersihkan semua Cache yang ada pada HP anda. Dengan menghapus cache pada HP anda maka diharapkan ruang memory yang ada di HP anda dapat lebih lega, dan diharapkan kinerja HP anda menjadi lebih ringan. Banyak Aplikasi Cache Cleaner yang tersedia di Google Play Store, silahkan anda gunakan yang mana saja dari beberapa aplikasi tersebut.
  4. Berhentikan Semua Aplikasi kecuali Launcher android. Jika anda cukup mengerti aplikasi, maka silahkan anda berhentikan aplikasi yang memakan RAM cukup besar, namun ini bagi anda yang mengerti saja ya, karena ada beberapa aplikasi yang tidak boleh dimatikan.
  5. Mematikan Paket Data – Jika game anda tidak memerlukan koneksi internet maka silahkan anda matikan koneksi internetnya, karena beberapa aplikasi akan jalan ketika paket data berjalan, misalnya saja aplikasi chatting atau sosial media seperti BBM, Whatsapp, Line, Facebook, Instagram, Twitter dll.
  6. Reboot HP Anda – Dengan me-reboot HP anda, maka anda dapat memperoleh keadaan semula dari HP anda, ini cara adalah alternatif, karena terlalu sering merestart tidak baik untuk HP anda.

Tadi itulah beberapa cara untuk memainkan game HD tanpa lag, apalagi cara diatas tidak perlu ROOT lagi, Untuk saat ini smartphone yang memiliki processor setara atau dibawah 1ghz single core dan RAM 1Gb kebawah adalah smartphone yang biasanya suka nge-lag. Namun, untuk smartphone yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi misalnya yaitu processor lebih dari itu (dual core) dan RAM minimal 2GB makla bisa menggunakan tata cara diatas namun hanya seperlunya saja.

Sudah saya praktekan sendiri cara dtatas dan berhasil, namun jika anda ada pertanyaan dari penjelasan saya diatas silahkan komentar pada kolom dibawah.


error: Content is protected !!