Cara Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang Di Android

Android merupakan salah satu Operating System Kepunyaan Google, saat ini android sudah mulai banyak digunakan oleh para pengguna gadget/smartphone, tidak kalah dengan OS pendahulunya yaitu iOS keluaran apple. Secara fungsi keduanya adalah dikhususkan untuk perangkat mobile, namun khusus apple banyak aplikasi yang berbayar ketika kita ingin memilikinya, semua aplikasi iOS terdapat di App Store kepunyaan apple.

Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang Di Android

Sedangkan untuk Android sudah banyak yang gratis, sehingga para penggunanya android dapat dengan mudah mendownload aplikasi-aplikasi android di Google Play Store.

Nah, terlepas dari aplikasi-aplikasi yang digunakan, maka ada keduanya iOS dan Android sudah memiliki konektivitas yang baik yaitu sudah mulai mendukung konektivitas 3G, 3.5G bahkan yang terbaru ada yang sudah support 4G.

Baca Juga: Mengaktifkan personal hotspot/ Tethering Di iPhone

Kecepatan download dan upload makin kesini makin cepat, namun itu semua tidak terlepas dari kualitas jaringan yang disediakan oleh provider internet seperti Telkomsel, Indosat, Three, Axis, Smartfren, XL dan lain sebagainya. Semakin bagus kualitas sinyal disuatu tempat maka akan semakin cepat koneksi internetnya.

Penyebab Sinyal Android Hilang Tiba-tiba

Nah, selain provider maka pengaruh smartphone ada juga dalam hal konektivitas, kadang kita menemui HP android yang suka hilang sendiri sinyalnya, ketika sedang browsing tiba-tiba timeout-connection, request time out dsb. Dari hasil penyelidikan saya, ada satu hal yang membuat sinyal Android suka hilang sendiri yaitu pada pengaturan setelan jaringan.

Ada beberapa jenis pengaturan sinyal pada hp android, yaitu: Automatic, GSM Only, CDMA Only, 3G, 3.5G dan 4G, nah sebaiknya anda melakukan pengaturan ke mode static dan bukan mode automatic. Mengapa harus di setting statis/tidak berubah -ubah? karena jika pada suatu tempat/keadaan tiba-tiba mode jaringan yang kita pilih automatic maka mode yang tersetting akan membuat jalur jaringan alternatif pada HP anda.

Baca Juga: Mengatasi Koneksi Wifi Limited Pada Windows 8

Ssehingga ketika ada pergantian mode secara otomatis membuat jaringan anda disconnect secara otomatis dan kemudian kembali lagi pada mode jaringan lain yang memungkinkan. namun lain halnya jika anda menggunakan mode static, maka ketika jaringan tidak stabil maka secara Smartphone anda akan terus mempertahankan konektivitas static yang anda pilih.

Cara Pengaturan Setting Mode Jaringan Android

Nah, bagi teman-teman yang belum mengetahui cara setting jaringan di android, berikut adalah langkah-langkah yang dapat teman-teman lakukan, oiya cara ini adalah untuk melakukan setting jaringan ke static GSM Only :

  1. Hidupkan android anda lalu masuk ke Menu Telpon/ Menu untuk melakukan telpon.
  2. Kemudian ketikan sebagai berikut: *#*#4636#*#*
  3. Setelah melakukan langkah nomor 2 maka anda akan dikirim ke sebuah halaman baru dengan beberapa pilihan menu.
  4. Lalu silahkan anda klik menu Informasi Telepon. Kemudian anda scroll kebawah dan lihat pada tulisan Setel jaringan yang disukai dan pada bagian bawahnya ada kolom, silahkan anda pilih GSM Only.
  5. Restart HP Anda.

Nah jika anda menginginkan jaringan lainnya untuk dibuat static misalnya jaringan 3G itu juga bisa, langkahnya sama seperti diatas, namun ketika langkah pada nomor 4 anda dapat memilih mode jaringan ke 3G Only. Beberapa ponsel tidak dapat melakukan step-step diatas misalnya saja seperti yang pernah saya temui anda HP Smartfren Andromax.

Nah, itu tadi adalah sekilas cara untuk Mengatasi Sinyal Tiba-Tiba Hilang Di Android. Silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih.

 


error: Content is protected !!