Cara Mengetes Kehebatan Antivirus Di Komputer

Tutorial kali ini saya akan mencoba berbagi tips yaitu Cara Mengetes Kehebatan Antivirus Di Komputer. Perangkat lunak antivirus bagi komputer merupakan hal yang sangat kruisal keberadaanya. Bagaimana tidak?! Antivirus adalah tembok pertahanan komputer dari serangan virus dan program perusak lain yang senantiasa menunggu kesempatan untuk menginfeksi komputer Anda. Tapi, sebagus apapun antivirus yang anda gunakan pasti akan percuma saja jika antivirus tersebut tidak bekerja. Atau dengan kata lain, “Ada tapi tidak dapat berbuat apa2”. Nah bagi Anda yang masih ragu apakah perangkat antivirus Anda berkerja atau tidak? Adakalanya harus mencoba melakukan tes berikut untuk melihat keadaan antivirus Anda.

Cara Mengetes Kehebatan Antivirus Di Komputer

Tes ini dilakukan dengan menggunakan script yang disediakan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research), badan yang mengkhususkan diri pada penelitian antivirus komputer. Script ini biasa mereka gunakan sebagai standar untuk mengetes antivirus. Nah, berikut langkah – langkah untuk menguji antivirus di komputer anda :

“Copy Script ini : X5O!P%@AP[4PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H* kemudian paste pada Notepad Anda. Setelah itu ‘Save As’ dengan nama apapun dengan ekstensi .com atau .exe (misal ‘tes virus.com’ atau ‘tes virus.exe’). Jika sudah, maka nanti bila antivirus kita bekerja akan memberikan sinyal deteksi virus pada file yang dibuat tadi.”

Meskipun file yang dibuat tadi dideteksi sebagai virus namun bukan berarti file tersebut membahayakan komputer kita, karena file tadi hanya merupakan file dummy yang digunakan untuk mengetes respon antivirus saja. Adapun respon dari antivirus setelah melakukan tes ini nantinya akan berbeda2, yaitu :

– Antivirus Advanced akan memblok proses write/save file ini walaupun dengan ekstensi apapun (bahkan. TXT). Jadi antivirus akan mengusirnya sebelum file sempat mampir di komputer Anda.
– Antivirus Good akan memperingatkan user bahwa ada file virus di komputer mereka dan meng-karantina file.

– Antivirus Average akan menolak eksekusi file ini ketika kita double klik.

– Antivirus Bad akan permissive pada file ini ketika dieksekusi. Sehingga teks ’EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE’ akan muncul di layar anda.

Demikianlah totorial tentang Cara Mengetes Kehebatan Antivirus Di Komputer. Semoga bermanfaat.
Cara Mengetes Kehebatan Antivirus Di Komputer | admin | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!