Cara Mengubah Jaringan CDMA ke GSM di HP Smartfren

Jaringan operator seluler pada saat sekarang ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu CDMA dan GSM. Masing-masing jaringan ini masih sering dipakai oleh operator seluler, ada yang memang fokusnya di CDMA ada juga yang fokusnya masih di GSM. Kedua jenis jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk jaringan GSM sudah banyak operator seluler yang menjajakan jasanya seperti Indosat, Telkomsel, XL, Three dll, namun ada juga salah satu provider yang memang sangat fokus pada CDMA yaitu Smartfren, dan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengubah Jaringan CDMA ke GSM di HP Smartfren.

Smartfren yang terkenal akan HP nya yaitu Andromax telah sukses membuktikan bahwa CDMA patut diperhitungkan dalam hal layanan Paket data / Internet, kecepatan yang ditawarkan oleh Smartfren melalui HP andromax nya tidak diragukan lagi, karena memang saya pernah mencobanya sendiri. Nah, kerennya lagi HP Andromax ini yang digunakan untuk berinternet ria dengan jaringan CDMA, ternyata bisa juga digunakan untuk SIM Card GSM, hanya saja fungsinya hanya sebatas SMS dan telpon.

CDMA ke GSM

Jika anda belum pernah memiliki HP Andromax smartfren, maka akan saya jelaskan sedikit, hp ini memiliki fitur untuk digunakan oleh 2 simcard, yang satu CDMA dan yang satu lagi GSM, namun untuk GSM pihak andromax smartfren sudah menguncinya sehingga fitur yang digunakan pun terbatas hanya SMS dan telpon, ini merupakan kebijakan dari pihak Smartfren.

Namun, ternyata ada fakta yang saya peroleh bahwa ternyata HP andromax smartfren bisa di unlock sehingga dengan kartu GSM anda tetap bisa menjalankan internet, contoh provider seluler yang dapat anda manfaatkan misalnya Indosat, Telkomsel, XL, Three dan provider GSM lainnya.

Untuk melakukan hal diatas, perlu ada beberapa trik yang perlu anda lakukan pada HP smartfren andromax anda, untuk stepnya anda bisa mengikutinya dibawah ini :

  1. Langkah pertama yang anda perlu lakukan adalah, anda harus mendownload Andromax Tiils Versi 3.0, dan kemudian silahkan anda instal pada Smartphone Andromax anda.
  2. Setelah itu, maka bukalah aplikasi tersebut sehingga tampak dashboard normal dan melakukan setting otomatis.
  3. Setelah anda melihat tampilan dashboard yang terbuka sempurna, maka segera anda memilih tab switch, hal ini dimaksudkan agar anda dapat memilih SIM yang ingin anda aktifkan.
  4. kemudian pada langkah ini, segera anda hilangkan RUIM / Sub 1 pada CDMA, kemudian anda centang pada bagian Boost Signal, dan kemudian pilih opsi request network data type.
  5. Pada langkah terakhir ini, anda segeralah Restart ponsel andromax anda, setelah restart selesai maka cek pada bagian opsi Edit APN.

Pada akhirnya anda sebenarnya sudah masuk pada mode GSM, jika anda sudah melakukan tutorialnya dengan baik, benar dan lengkap. Ketika anda membuka browser, dan kemudian melakukan browsing maka anda seharusnya sudah mulai berbrowsing ria dengan menggunakan andromax namun pada setting mode GSM, jaringan seluler ini akan berfungsi sebagaimana mestinya walaupun dengan menggunakan HP Smartfren Andromax yang pada bawaan pabriknya penggunaan SIM Card GSM sudah di lock sehingga tidak bisa internetan, namun sekarang sudah bisa.


error: Content is protected !!