Cara Setting Modem SMARTFREN Agar Stabil dan Cepat

Cara Setting Modem SMARTFREN Agar Stabil dan Cepat – Ada banyak brand smartphone yang tidak hanya menawarkan produk ponsel genggam modern mereka, juga menawarkan aksesori hingga menawarkan modem. Dan salah satu brand ponsel ternama di Indonesia yang juga populer dengan modem-nya adalah Smartfren.

Setting Internet Modem Smartfren Meningkatkan Kecepatan Download

Pengguna modem Smartfren di Indonesia cukup banyak dan beragam dari berbagai kalangan. Setelah membeli modem Smartfren, tentunya Anda ingin segera menggunakan modem tersebut untuk keperluan akses internet, maka simaklah cara setting modem Smarfren yang mudah dan sederhana di bawah ini serta beberapa tips mengatasi koneksi modem Smartfren lelet:

Pastikan Mencolok Modem Smartfren dengan Benar

Pastikan hubungkan koneksi modem kepada PC maupun laptop terlebih dahulu dengan benar, proses setting modem Smartfren yang Anda lakukan pertama kali ini penting, karena kadang ada slot USB yang tidak jalan pada laptop / komputer, maka dari itu lakukanlah tahap awal secara teliti. Memiliki modem Smartfren yang bagus namun tidak bisa menggunakannya, bagaimana bisa? mungkin ada sesuatu yang salah pada langkah pertama ini.

Membuat Profile pada Bagian Setting

Foto Modem Smartfren Terbaru Wifi Setting Modem Internet Super Cepat

Langkah selanjutnya adalah dengan menuju ke bagian pengaturan atau setting yang tampilannya bisa Anda lihat melalui layar (tiap tipe modem berbeda-beda, namun tetap pada bagian yang sama yaitu di bagian setting). Anda yang belum melakukan pengisian profile, bisa langsung melakukan pengisian profile pada menu setting yang Anda tuju.

Baca Juga : Cara Setting Modem XL

Tapi untuk jenis modem yang baru sekarang kebanyakan tidak usah mengisi profil lagi, hanya tinggal colok saja maka sudah otomatis langsung jalan, biasanya ini modem bawaan smartfren itu sendiri dan bukan modem umum selain smartfren.

Detail Setting Profile Smartfren

Foto Modem Smartfren Tips Cara Setting Modem Smartfren Mempercepat Koneksi Internet

Cara setting modem Smartfren yang benar adalah dengan mengisikan profile Anda pada setting sebagaimana yang diminta, harus benar dan sesuai, isilah kolom-kolom berikut ini dengan baik dan benar:

  • Phone: Ada dua nomor telepon yang bisa Anda gunakan, yang pertama tekan dan hubungi nomor #777 atau pilih saja *99#
  • User: Dan untuk kolom user-nya, Anda bisa mengisi cdma atau smart
  • Password: Sama saja seperti isian kolom user, Anda cukup mengisi cdma atau smart saja pada kolom ini
  • DNS: Dan yang terakhir adalah kolom DNS yang diisi oleh 8.8.8.8 dan atau 8.8.4.4 (nomor DNS ini diambil dari google). Setelah pengaturan ini selesai, maka setting modem Smartfren yang Anda lakukan sudah selesai dan Anda bisa segera terhubung dengan dunia maya.

Penyebab Modem Lemot –┬áMempengaruhi Kecepatan Internet Smartfren

Setelah selesai melakukan setting modem Smarfren, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, hal-hal yang akan mencegah koneksivitas internet modem Smarfren Anda memburuk dan menjadi lelet, seperti:

Posisi Modem dan Kelancaran Sinyal

Perlu Anda ketahui jika leletkan koneksi internet bukan seluruhnya terdapat pada kesalahan operator tersebut, karena terkadang tanpa kita sadari, Anda mungkin kurang teliti ketika mencolokkan modem ke PC maupun laptop sehingga posisinya tidak pas, maka modem tidak bisa konek dengan benar pada internet, maka dari itu perhatikanlah posisi modem Anda, apa sudah benar-benar tercolok dengan sempurna pada PC atau laptop.

Baca Juga : Cara Mempercepat Koenksi Internet

Namun bisa juga karena modem internet yang kita gunakan tidak bisa memperoleh sinyal yang baik, silahkan gunakan antena tambahan untuk modem smartfren, biasanya dijual di toko-toko khusus komputer.

Jenis Paket Internet yang Dipakai

Apabila Anda memilih untuk menggunakan paket internet unlimited maka sebaiknya segera pindahkan paket internet Anda pada paket kuota saja, karena dari pengalaman beberapa orang, menggunakan paket kuota lebih banyak membawa pengaruh baik pada konektivitas internet, konek tidak mengalami gangguan, selalu lancar jaya.

Anda yang masih sering mengalami masalah lemotnya modem Smarfren padahal seluruh cara setting modem Smarfren sudah diikuti dengan benar, mungkin bisa memeriksa kembali karena barang kali ada kesalahan atau human error yang membuat koneksi internet terputus atau lelet.

Periksa dengan benar, modem yang Anda gunakan, apakah kuotanya masih ada banyak dan apakah modem yang digunakan tercolok dengan baik dan yang tidak kalah pentingnya, apakah Anda berada di tempat yang terjangkau EVDO, karena umumnya, koneksi internet akan mengalami gangguan bila seseorang berada di daerah terpencil atau pedesaan.