Cara Setting Modem Speedy Telkom yang Benar

Speedy merupakan penyelenggara jasa internet milik Telkom Indonesia yang berbasis pada teknologi akses ASDL-asymmetric digital subscriber line serta GPON-gigabit passive optical network yang mana menggunakan jaringan fiber optic hingga sampai ke rumah Anda maupun FTTH-fiber to the home.

Tidak sama dengan layanan internet yang koneksi internetnya melalui akses internet putar nomor selayaknya TelkomNet Instan, para pengguna Speedy hanya perlu menggunakan saluran telepon yang bisa dipakai untuk menelepon serta mengakses internet. Anda yang berencana untuk menggunakan modem Speedy bisa menyimak step by step cara setting modem Speedy di bawah ini:

Langkah 1

Hal utama yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin melakukan setting modem Speedy Telkom adalah memastikan jika Anda sudah memiliki password Speedy yang mana telah diberikan disaat pertama kali Anda berlangganan Speedy dan juga nomor telepon modem jaringan koneksi internet yang Anda punya.

Baca Juga : Cara Setting Modem XL

Jika kedua hal itu sudah beres, sudah Anda miliki, maka Anda bisa langsung melakukan setting modem Speedy Telkom. Modem yang nantinya digunakan untuk PC atau laptop memakai kabel UTP, maka dari itu, pastikan jika Anda memasang juga konektor ADSL pada modem, jangan lupa pula untuk menyertakan kabel power modem lantas hidupkanlah modem TP-Link milik Anda.

Baca Juga : Cara Setting Modem Telkomsel

Langkah 2

Dan karena IP default modem yang digunakan adalah 192.168.1.1, maka Anda bisa mengubah IP address untuk PC atau laptopnya menjadi 192.168.1.2, cukup ubah nomor terakhir saja, menjadi angka 2. Lanjutkan dengan menjalankan aplikasi pada browser, entah itu Mozilla Firefox, Google Chrome, maupun Internet Explorer dan masih banyak lagi.

Langkah 3

setting-modem-telkom-speddy

Cara setting modem Speedy Telkom selanjutnya adalah dengan mengetikkan di address bar, jika IP address default modem Anda adalah 192.168.1.1 lantas tekanlah Enter maka kemudian akan muncul page login web base setting pada modem TO-Link. Langsung saja ketik username dan juga passwordnya, Anda bisa mengisi keduanya dengan kata “admin” lantas klik Ok, maka Anda sekarang telah berada pada page web base TP-Link modem setting lantas klik menu Interface Setup serta klik Internet.

Baca Juga : Cara Setting Modem Three/ 3

Langkah 4

Anda bisa mengatur settingan virtual circuit disesuaikan dengan apa yang direkomendasikan oleh pihak telkomnya, dan ini umumnya, tergantung pada lokasi masing-masing, contohnya: PVC1.  Setelah itu, statusnya akan berubah menjadi Activated serta VPI: 8 serta VCA:81 (dan ini hanya berlaku pada PVC1 saja, akan berbeda bila anda menggunakan PVC lain).

Langkah 5

setting-modem-tp-link-lan

Dan pada encapsulation ISP, Anda bisa memilih PPPoA atau PPPoE, lantas masukkanlah username dan juga password yang telah Anda terima dari Telkom. Pastikan jika kondisinya Deactivated serta Connection Alyaws On.

Langkah 6

Lanjutkan dengan klik menu LAN serta ceklah settingan dengan ketentuan sebagai berikut ini:

  • IP Address: isi saja dengan 192.168.1.1
  • Subnet Mask: isi dengan 255.255.255.0
  • Dinamic Route: isi dengan RIP2-B
  • Direction: none
  • Multcast serta ICMP Scoop: keduanya diisi Disable
  • DHCP: Enable
  • Starting IP Address: isi dengan 192.168.1.2
  • IP Pool Count: isi dengan 50 (max:254) dan biarkan setting lainnya terisi dengan default saja.

Langkah 7

setting-modem-tp-link-wireless

Cukup klik menu wireless untuk melakukan setting wireless modem, dimana bagian Access Point diisi dengan Activated, Channel Indonesia dan untuk yang lainnya, cukup biarkan saja default. Dan pada broadcast SSID, Anda bisa memilih yes, lalu pada SSID ketiklah Access Point Name atau APN mis: aksespoint aku. Langkah terakhir dari cara setting modem Speedy Telkom adalah dengan menyimpan semua setting yang telah dilakukan dengan klik tombol Save.