Daftar Harga Sembako Terbaru Februari 2016

Sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan singkatan sembako merupakan bahan-bahan pokok (makanan dan minuman) yang sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Bahan pokok ini terdiri dari berbagai jenis, mulai dari makanan mentah seperti sayuran, telur, daging, beras dan ikan hingga makanan, bahan makanan serta minuman siap pakai, seperti susu, gula pasir, garam, minyak goreng hingga gas ELPIJI yang digunakan untuk mengolah semua bahan makanan dari sembilan bahan pokok tersebut.

Harga Sembako Terbaru

Gambar 1. Harga Sembako Terbaru

Ketersedian sembako di dalam rumah sangatlah penting, bila tidak ada beras dan lauk pauknya kita tidak bisa makan dengan nikmat dan sehat. Namun semakin hari, harga sembako semakin naik, sangat menyulitkan untuk mereka yang hidup dengan pendapatan yang pas-pasan. Daftar harga sembako terbaru akan menjadi patokan kita sebelum berbelanja ke pasar tradisional dan membeli sembako yang dibutuhkan.

Harga Beras, Sagu dan Jagung

Telah dikatakan sebelumnya, jika sembako merupakan sebuah singkatan dari 9 bahan pokok dan salah satu bahan pokok dari kesembilan bahan pokok yang ada dalam daftar sembako adalah beras/sagu/jagung yang mengandung sumber karbohidrat. Sebagai orang Indonesia, kita tidak bisa makan dengan lahap bila tidak ada nasi putih, jadi kebutuhan beras sangat tinggi di Indonesia sehingga harga berasnya pun selalu naik turun, beras yang dijual di Indonesia sangat beragam, ada beras putih, beras merah bahkan beras hitam.

Harga Gula Pasir

Untuk produsen yang menjual kue-kue manis, pembelian bahan baku gula pasir sangatlah tinggi, namun bagi ibu rumah tangga biasa, setiap harinya mungkin hanya membutuhkan beberapa sendok gula pasir, meskipun sedikit, pemakaian gula pasir sangatlah penting, masakan bisa jadi tidak sedap dan gurih bila tidak ditambahkan dengan gula pasir.

Harga Sayur dan buah

Dari daftar harga sembako terbaru, adakah paket sembako yang menyertakan buah dan sayuran mentah di dalamnya? karena tampaknya kedua bahan makanan ini jarang ditemukan dalam paket sembako modern, padahal keduanya termasuk dalam 9 bahan pokok yang harus dipenuhi. Sayur dan buah mengandung vitamin dan serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Bila Anda belanja sembako di pasar tradisional, jangan lupa untuk membeli sayuran dan buah-buahan segar.

Harga Daging Ayam, Sapi dan Ikan

Lauk yang segar dan sehat akan membuat tubuh sehat dan bugar selalu, agar anak-anak tumbuh sehat setiap harinya, usahakanlah untuk menyediakan lauk pauk dari bahan dasar daging ayam/daging sapi atau bahkan ikan yang harganya jauh lebih murah.

Harga Minyak Goreng/Margarin

Bahan makanan ini dibutuhkan sekali, terutama untuk mereka yang hobi makan gorengan, meskipun sifatnya penting, usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan bahan makanan yang satu ini.

Harga Susu

Dari kecil kita sudah diajarkan untuk minum susu setiap hari, dan hingga beranjak dewasa kebiasaan ini harus dibudidayakan karena pada dasarnya susu itu sangat baik untuk kesehatan, mau itu susu sapi atau susu kedelai.

Harga Telur di Pasar

Merupakan salah satu lauk pauk pengganti yang biasanya dikonsumsi bila tidak ada daging atau ikan di rumah, telur mengandung protein yang cukup tinggi, apalagi kuning telurnya, harga telur juga jauh lebih murah dari daging sapi.

Minyak Tanah/Gas ELPIJI

Harga minyak bumi dan gas ELPIJI dipengaruhi oleh harga minyak bumi di mancanegara, bila harga minyak bumi melambung tinggi, kemungkinan besarnya harga gas ELPIJI akan dinaikkan mengikuti kenaikan harga minyak bumi dunia.

Garam BerIodium/berNatrium

Daftar harga sembako terbaru sangatlah beragam setiap bulannya, karena harga sembako harus dihitung satuan, bila sembako yang Anda beli itu benar-benar memasukkan kesembilan harga pokok rumah tangga termasuk garam berIodium dan berNatrium maka sudah pasti harga sembakonya cukup mahal.


error: Content is protected !!