Lima Rekomendasi Netbook Terbaik Menjelang Tahun 2010

ZAMAN sekarang orang agaknya sudah tidak dapat lagi dipisahkan dengan kemajuan teknologi. Anda pun tentu sudah akrab dengan berbagaigadget canggih seperti smartphone, netbook, atau PDA untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.
Nah, jika Anda kebetulan sedang mencari netbook yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini Media Perempuan memberikan lima rekomendasi netbook terbaik yang bisa dijadikan panduan:
1. Nokia Booklet 3G
Netbook terbaru keluaran Nokia ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, yakni 12 jam. Dengan layar 10.1 inci dan berat sekitar 1.2 kg, laptop mini ini sangat sempurna bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan akses informasi secara cepat. Seperti laptop keluaran Apple, netbook milik Nokia ini juga terbuat dari selapis alumunium dan hanya beberapa milimeter lebih tebal daripada MacBook Air. Engsel sentral pada laptop memungkinkan Anda untuk memiringkan layar hingga 180 derajat. Selain itu, bagian body yang terbuat dari logam padat membuat Anda tidak perlu khawatir permukaan laptop akan tergores saat disimpan ke dalam tas.
2. Samsung Go
Tidak seperti model netbook lain pada umumnya yang dirancang berbentuk persegi kaku, netbook keluaran Samsung yang dirancang Naoto Fukasawa ini memiliki fitur yang lebih lembut, dan dibentuk membulat pada sudut-sudutnya. Netbook seberat 1.3 kg ini memiliki logo perusahaan dalam huruf-huruf besar di bagian atas. Untuk urusan waktu hidup, daya tahan baterai bisa sampai sembilan jam apabila diisi penuh. Satu hal yang agak mengganggu dari netbook ini adalah, alih-alih memiliki trackpad dengan tombol kanan dan kiri seperti laptop lain pada umumnya, Samsung justru membuat single bar untuk menunjang kedua fungsi tersebut sekaligus.
3. HP Mini 5101
Ini dia rajanya personal computer (PC) di dunia, dengan angka penjualan PC sebanyak dua unit setiap detiknya. Untuk kategori netbook, HP Mini 5101 merupakan produk andalan perusahaan ini, dengan berat sekitar 1.1 kg dan layar 10.1 inci. Casing alumunium menampilkan kesan profesional pada netbook ini, meskipun bagian atas mesin dan trackpad-nya sensitif terhadap noda jari yang kotor dan berminyak. Fitur yang ditawarkan HP antara lain ”disk sanitizer” yang memungkinkan Anda menghancurkan secara permanen data apa pun dari hard drive. Sangat cocok bagi para profesional yang sering melakukan perjalanan bisnis dan memiliki data penting yang harus dilindungi. Selain itu, ukuran tuts keyboard yang cukup besar seperti biji Scrabble juga mempermudah proses mengetik. Anda pun dapat mengisi baterai hingga 90% dalam waktu hanya 90 menit.
4. Toshiba NB205
Netbook pertama yang diluncurkan Toshiba ini memiliki model compact dan kokoh, dengan beberapa desain unik. Tombol power ditempatkan di tengah engsel layar, sehingga Anda tidak dapat menghidupkan mesin jika layar ditutup. Selain itu, tombol keyboard juga agak menonjol keluar sehingga membuat pengguna membutuhkan waktu beberapa lama untuk beradaptasi. Kelebihannya, desain netbook yang tipis membuatnya mudah diselipkan ke dalam tas. Daya tahan baterai juga cukup lama, yakni sekitar sembilan jam. Selain itu, USB port-nya juga bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel atau kamera digital. Netbook seberat 1.3 kg ini juga memiliki impact sensor untuk melindungi data apabila Anda tidak sengaja menjatuhkannya, serta built-in webcam 0.3 megapiksel.
5. Lenovo S10-2
Lenovo mengutamakan aspek kecepatan untuk membuat netbook terbarunya menonjol dibandingkan produk-produk lain milik para kompetitor. Dengan laptop mini terbaru dari Lenovo, Anda bisa melewatkan rutinitas mengetik kata sandi untuk login, karena built-in webcam pada netbook ini akan mengidentifikasi wajah Anda. Jika ingin mengindari proses boot-up sama sekali, tekan saja tombol ”quick start” dan dalam hitungan 10 detik Anda bisa langsung mengecek e-mail, mendengarkan musik, atau melakukan panggilan telepon menggunakan Skype. Lenovo juga menawarkan fitur ”rescue system” sebagai langkah antisipasi apabila data yang Anda miliki tiba-tiba rusak. Netbook yang beratnya tidak sampai 1 kg ini tersedia dalam pilihan warna putih, abu-abu, pink, atau hitam.

Leave a Reply