Memperbaiki Microphone Headset yang Tidak Mengeluarkan Suara

Memperbaiki Microphone Headset yang Tidak Mengeluarkan Suara | Terserah.info – Pernah kesal karena microphone atau headseat yang akan kita gunakan di komputer mendadak tidak mengeluarkan suara walaupun terhubung dengan baik? Nah sebelum anda marah-marah tak jelas lebih baik anda membaca artikel ini dulu. Dan eiit.. jangan dulu dibuang tuh microphone/headset. Siapa tahu tidak rusak.. hehe..

Cara memperbaiki microphone headseat yang rusak

Cara memperbaiki microphone headseat yang rusak

Ada beberapa langkah yang harus anda uji sebelum anda memutuskan mengganti microphone Anda dengan yang baru.  Ini dia langkah-langkahnya.  Oya, ini khusus untuk pengguna Windows aja ya… 🙂

1. Coba ke komputer lain

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mendapati microphone/headset tidak berfungsi adalah dengan memastikan apakah microphone/headset tersebut masih berfungsi dengan baik atau memang sudah rusak.

Caranya mudah. Cabut colokannya dan coba ke komputer lain. Bila tidak juga menyala, cobalah ke beberapa komputer lain. Siapa tahu memang portnya yang bermasalah. Bila memang tetap mati, berarti microphone/headset anda memang telah is death. Jadi apa mau dikata anda harus membeli yang baru.

Tetapi bila setelah dicoba pada komputer lain masih bunyi, kita lanjut ke langkah-langkah berikut.

2. Pastikan port penghubung microphone/headset memang berfungsi

Maksudnya begini. Pada beberapa casing komputer, port penghubung untuk microphone/headset biasanya ada 2, yaitu di depan dan di belakang. Nah ternyata, kadang, tidak keduanya difungsikan. Beberapa hanya difungsikan port yang ada di bagian belakang jadi port yang depan memang tidak berfungsi.

Cara mengeceknya juga mudah. Tingal pindahkan colokannya ke port depan atau belakang. Bila belum juga menyala, buka casing komputernya. Lihat apakah memang port tersebut dihubungkan atau tidak.

Oya, jangan salah juga, pastikan anda mencolokan ke port microphone/headset yaitu yang berwarna pink. Atau kalau di laptop lihat dulu ikon nya.

3. Cek Driver & Settingan Microphone / Headset

Apabila kita sudah pastikan port tersebut terhubung dengan baik, mungkin masalahnya ada di driver microphone/headset. Jadi kita harus mengeceknya apakah sudah terinstal dengan benar atau mungkin sudah rusak.

Caranya:
– Klik Start > Control Panel > Sound and Audio Devices
– Pilih Tab bagian Audio

Kemudian pilih driver sound card yang terinstal pada komputer anda dibagian menu dropdown, klik Apply dan Ok.

4. Settingan Volume Control

Lihat juga settingan Volume Control di komputer. Memang pada headset umumnya terdapat tombol volume untuk mengatur besar kecil suara. Namun dia tidak akan berfungsi jika settingan volume control pada windows anda dalam keadaan off atau sangat rendah. Untuk itu klik ikon speaker yang terdapat pada kanan bawah taskbar.

Bila Anda tidak menemukan ikon tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

– Klik Start > Control Panel > Sound and Audio Devices
– Klik Options > Centang Enable Advanced Properties
– Kembali klik Options > Properties untuk membuka pengaturan tambahan
– Pastikan agar pilihan Playback dalam keadaan terpilih pada jendela Properties.
– Centang pilihan Microphone pada list dibagian ‘Show the Following Volume Controls
– Klik Ok
– Beralih ke pilihan Recording. Centang pilihan Microphone pada bagian ‘Show the Following Volume Controls
– Klik Ok

Nah, sekarang Anda bisa mengatur volume pada Microphone Control. Oya, bila masih merasa kurang puas dengan volume suara yang dihasilkan, Anda dapat mengklik tombol Advance yang terdapat di bawahnya. Lalu pada jendela berikutnya, beri tanda centang pada opsi 1 Mic Boost untuk memperbesar volume microphone Anda.

Demikian bahasan Memperbaiki Microphone Headset Yang Tidak Mengeluarkan Suara.

Semoga bermanfaat !