Pendapatan Iklan Mobile Google Rp 51,8 Triliun

Seiring dengan makin tingginya penggunaan perangkat mobile, seperti ponsel cerdas atau  smartphone dan komputer tablet, pendapatan Google dari iklan mobile diprediksi akan semakin besar.
Chief Executive Officer Google, Larry Page, mengatakan Google menargetkan bisa meraup iklan mobile sebesar US$ 5 miliar atau sekitar Rp 44,7 triliun.
Bahkan menurut prediksi analis Jim Friedland dari lembaga riset Cowen, Google diproyeksikan mampu meraih iklan mobile sebesar US$ 5,8 miliar atau Rp 51,8 triliun pada tahun ini.
Perangkat smartphone dan tablet yang sangat populer di seluruh dunia membuat Google tahu di mana masa depan terletak. Menurut Friedland, Google meraih pendapatan US$ 7 per tahun dari setiap perangkat telepon seluler cerdas pintar atau total sekitar US$ 2,5 miliar pada 2011 lalu.
Saat ini jumlah perangkat mobile cerdas pada 2011 diperkirakan mencapai 509 juta. Angka ini diproyeksikan akan naik hampir dua kali lipat menjadi 914 juta pada akhir 2012.
Itu artinya pendapatan iklan mobile Google juga akan naik dua kali lipat, dari US$ 2,5 miliar menjadi US$ 5,8 miliar pada 2012. Pendapatan iklan dari setiap perangkat juga akan naik dari US$ 7 menjadi US$ 8 pada tahun ini.

Leave a Reply