Pengguna Browser Internet Explorer Berada di Bawah 50%

Kemarin sudah saya jelaskan tentang produk microsoft di postingan Windows XP, salah satu produk dari Microsoft, kini ada lagi yang lain, yaitu browser paling populer besutan Microsoft, Internet Explorer. Pangsa pasar Internet Explorer selama Oktober lalu jatuh hingga dibawah angka 50 persen, sama seperti layaknya Windows XP, dan juga ini pertama kalinya dalam sejarah kehadiran Internet Explorer. 
Pengguna Browser Internet Explorer
Meski begitu IE masih memegang pangsa pasar sebagai desktop browser terbanyak digunakan, pada angka 52,63 persen, turun 1,76 pada September. Namun kegiatan desktop browsing hanya menyumbang 94 persen di trafik web. Sisanya datang dari ponsel atau tablet dimana IE tidak ada di keduanya. Namun angka keseluruhan pangsa pasar browser hanya 49,58 persen. Angka tertinggi yang pernah diraih IE adalah 95 persen pada 2004 dan terus turun sejak itu.

Lalu kemana perginya angka tersebut? Awal kemunculannya, Firefox adalah perebutnya, dan kini, giliran Chrome yang berperan. Chrome sendiri naik 1,42 angka menjadi 17,62 persen di pangsa desktop browser. Firefox tetap, dengan angka 22,51 persen. Safari juga naik ke angka 5,43 persen, dan Opera terus turun menjadi 1,56 persen.

Poin penting yang perlu diperhatikan, Internet Explorer sebenarnya masih menjadi browser yang penting dengan pangsa pengguna yang cukup besar dan tidak bisa diacuhkan para web developer dan dengan angka ini saja masih mengisyaratkan bahwa IE akan tetap penting dalam beberapa tahun ke depan. saya sendiri juga masih menggunakan windows xp tapi browsernya pake google chrome, karena di internet explorer nggak bisa buka tab lebih dari satu, hihi!!

Apa mungkin penurunan pengguna IE berhubungan dengan turunnya popularitas Windows XP. Bagaimana menurut pendapat kalian?

7 Comments

  1. Asis Sugianto 8 November 2011
  2. Riefz 9 November 2011
  3. Deganshah Putra 1 Desember 2011
  4. SAGITA COM 1 Desember 2011
  5. Bonsai Teknologi 2 Desember 2011
  6. Abi Says Drunk 2 Desember 2011
  7. Nazuafree 2 Desember 2011

Leave a Reply