Penyebab Komputer Tiba Tiba Restart Sendiri

Penyebab Komputer Restart Sendiri. Banyak sekali faktor faktor yang menyebabkan komputer kita secara tiba tiba restart sendiri tanpa ada pemberitahuan di layar monitor. Faktor yang menyebabkan komputer restart dengan sendirinya biasanya dari perangkat lunak seperti sistem operasi atau program yang berjalan di sistem atau dari hardwarenya. Tapi kebanyakan pengguna sering mengeluhkan komputernya tiba tiba restart saat sedang bermain game dan aliran listrik yang tidak stabil / sering mati listrik. 2 penyebab diatas yang kerap sering mengganggu bagi  para pengguna komputer. Untuk yang pertama yaitu penyebab saat bermain game di komputer tiba tiba restart, Berikut penjelasannya :

Penyebab Komputer Tiba Tiba Restart Sendiri
Penyebab utama Komputer Tiba Tiba Restart Sendiri

1. Game yang di pakai tidak kuat untuk komputer itu sendiri (spek dari komputer anda ada yang kurang atau bahkan sama sekali tidak mendukung). Misalkan Ram dari komputer anda atau VGA. Kebanyakan game saat ini membutuhkan spesifikasi komputer cukup tinggi seperti game PES 2012 yang membutuhkan Ram/Memory 2 GB atau lebih, VGA Ati radeon atau Gforce 1 GB dan Processor Core i3 atau lebih tinggi.

2.Sistem Operasi atau program terpasang di komputer mungkin mengalami “crash” jadi kadang kadang sering mengalami masalah.

Nah untuk penyebab lainnya yaitu akibat aliran arus listrik, tanpa kita sadari listrik yang tidak stabil atau sering mati listrik bisa merusak beberapa komponen komputer seperti Power Supply, Processor, Ram, Harddisk, dan lain lain. Untuk lebih jelasnya bisa di simak penjelasannya :

1. Virus

Virus bisa juga menjadi penyebab komputer restart sendiri. Biasanya virus selalu aktif di sistem komputer, anda bisa menekan ctr+alt+delete di komputer untuk melihat program yang sedang aktif di sistem. untuk dapat melihatnya silahkan anda pilih process, disitu banyak sekali program yang sedang berjalan. Memang cukup sulit membedakan mana yang virus dan mana yang bukan virus.

Solusi: Coba scan komputer anda dengan menggunakan anti virus terbaru, tentunya yang sudah di update.

2. Kerusakan Power Suply

Kejadian menjengkelkan tersebut juga bisa disebabkan karena power supply CPU Anda sudah lemah dan harus diganti. Tandanya: komputer selalu me-restart dalam interval yang tidak pasti. Kadang baru di pakai  kurang dari setengah jam sudah me-restart, tapi kadang sudah lama dipakai baru me-restart.

Solusi: Beli Power Suply baru yang sesuai dengan cassing yang Anda gunakan. Apabila anda memang kurang faham, saya sarankan bawa saja CPU nya ke toko komputer untuk dipasangi Power Supply baru.

3. Kerusakan Memory

Suhu komputer Anda normal tapi tetap suka restart sendiri? Kemungkinan ketiga adalah kerusakan pada memory atau bad RAM.

Solusi: Segera ambil memori tersebut dari motherboard kemudian coba bersihkan memori dengan tisu atau atau kain yang bersih. Setelah dibersihkan pasang kembali pada slotnya. Apabila setelah dipasang, masih keluar bunyi beep, berarti memory tersebut belum benar penempatannya. Namun jiga masih tetap me restart berarti memory nya harus diganti.

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab penyebab komputer tiba tiba restart sendiri, tapi kebanyakan penyebabnya berasal dari perangkat lunak dan perangkat keras komputer atau kesalahan si pengguna itu sendiri. Semoga saja artikel diatas bisa membantu anda mengatasi Komputer restart sendiri.


Leave a Reply

error: Content is protected !!