Ratusan Narablog Nusantara Berkumpul di Makassar

Sejumlah 600 orang narablog nusantara berkumpul di makassar didalam acara kopdar blogger nusantara Minggu 11 nopember 2012. Mereka ikuti kursus serta workshop blogging dan penulisan kreatif. 
Narablog Nusantara
Acara ini juga di hadiri narablog pemula yang pingin serius tekuni narablog sebagai profesi. Ketua panitia pelaksana yang juga ketua komunitas blogger Anging Mammiri, Syarifullah Daeng Gassing, mengungkap, aktivitas ini adalah arena keakraban beberapa penggiat dunia maya. Mereka bersua segera sebagai bukti nyata persahabatan, ” tutur syariful. 
Aktivitas ini adalah lanjutan dari kopdar blogger nusantara 2011 yang diselenggarakan di sidoarjo tahun lalu. Peserta datang dari sebagian tempat di nusantara. Walau ditujukan untuk beberapa narablog, acara ini juga terbuka untuk umum, terlebih untuk mereka yang tertarik dengan aktivitas blogging serta suka memakai internet. Peserta dari kota-kota di luar makassar, menurut syarifullah, datang dengan biaya sendiri. 
Kursus yang didapatkan berjalan sepanjang tiga hari sejak 9-11 nopember. Hari pertama dipakai sebagai aktivitas pre-event ; hari ke-2 penyambutan peserta dari luar makassar ; serta hari ketiga dipakai untuk lakukan aktivitas jalan-jalan dan berkunjung ke sebagian lokasi wisata di makassar.  Menurut syariful, tak hanya menjalin keakraban, aktivitas kopdar blogger nusantara ini juga mempunyai tujuan berikan keterampilan narablog untuk peserta. baik yang tetap pemula ataupun yang telah profesional. Tema perbincangan yang sangat hangat yaitu enterpreneur blogging. Beberapa narablog dapat studi membuahkan duit dari aktivitas blogging. 
Seorang tokoh blogger makassar, Asri Tadda, menjelaskan, jadi narablog pada prinsipnya tidak sebatas untuk hobi. »jika akan lantas blogger professional, dapat jadikan profesi untuk memperoleh keuntungan, ” tuturnya. Apalagi, kata dia, seorang blogger professional, sebagai blogger untuk tujuan usaha, dapat memperoleh keuntungan beberapa puluh juta sampai beberapa ratus juta didalam 1 bulan. 
Asri yang sekarang ini mengelola beberapa ribu situs (blog) lalu menyebutkan sudah rasakan faedah finansial dari aktivitas blogging. »untuk sebagian situs (blog) yang saya kelola, pendapatan 1 bulan yang saya peroleh dapat meraih beberapa ratus juta, ” tuturnya.  Situs (blog) kepunyaannya, ia terangkan, tidak dikelolanya sendiri. Ia merekrut karyawan yang mengelola blognya serta aktif lakukan up date di beberapa blog tersebut. 
Ada sebagian sumber yang dapat berikan pendapatan didalam blogging. Tetapi yang sangat besar, kata dia, yaitu iklan. Cuma, iklan tidak dapat datang serta-merta. Kuncinya, ia berikan panduan, seorang narablog mesti aktif menulis, serta menghidangkan artikel-artikel yang sangat banyak dicari pengunjung internet. »dengan demikian, pengiklan akan tiba sendiri dikarenakan data kunjungan situs (blog) kita dapat tercatat di mesin pencari, ” tuturnya.
Ratusan Narablog Nusantara Berkumpul di Makassar | admin | 4.5

Leave a Reply

error: Content is protected !!