Riwayat Lokasi Google Map: Ternyata Diam-diam Google Merekam Kemana pun Kita Pergi

Riwayat Lokasi Google Map | Terserah.info – Tahukah Anda bahwa diam-diam, Google ternyata merekam keseharian Anda?

Ini bukan hoax, tapi benar-benar terjadi. Mirip seperti di film Minority Report, dimana Tom Cruise tidak dapat menghindari pengintaian karena kemana pun ia pergi ada scan retina konstan yang melaporkannya ke database pusat.

Tidak percaya?

Coba klik link ini.  Saratnya anda harus login ke akun google yang sama dengan yang digunakan di smartphone yang selama ini anda gunakan kemana-mana. 

Ya, apabila anda pernah menggunakan google map untuk membantu anda memandu arah menuju tujuan tertentu, maka google sebenarnya terus merekam jejak anda kemana pun anda pergi.

Namun jangan khawatir, karena yang bisa melihat kita saja yang bisa mengakses ke akun google kita.  Makanya hati-hati menggunakan password. 🙂

Coba kita lihat ini aktivitas saya sejak tahun 2014!

Ini gambar yang akan anda temui ketika masuk ke link itu.

kronologi Google Map

Riwayat Lokasi Google Map

Tempat yang tandai dengan warna merah adalah tempat-tempat dimana kita pernah berkunjung ke sana.  Coba kita klik salah satunya.

Google Map Kronologi

Riwayat Lokasi Google Map

Yup.  Ternyata saya pernah berkunjung ke Solo dan menginap di hotel Solo Paragon pada tanggal 9 September 2014! Whoaa…! Anda bisa mencoba mengklik tempat-tempat lain sambil mengingat-ngingat.  Hehe..

Kita juga bisa melihat kemana saja kita selamat tahun lalu atau periode tertentu. Tinggal pilih periode waktu di sebelah kiri atas.  Ini dia penampakannya.

Google Map Kronologi

Riwayat Lokasi Google Map

Di bagian bawah, google map akan menceritakan kemana saja anda pada periode itu.

Kemana saja tahun 2015

Kemana saja tahun 2015

Dan google mencatat pada tahun 2015 saya berkunjung ke 8 tempat, lengkap dengan tanggalnya.  Walah…

Kok bisa ya, google ga bilang-bilang merekam data kita?  Betul.  Dibalik semua layanannya yang serba gratis, Google memang giat mengumpulkan data penggunanya.

Data-data tersebut disimpan dalam Big Data dan diolah dengan sistem kecerdasan buatan untuk dikapitalisasi.  Ga heran, kini dia menjadi salah satu Perusahaan terbesar di Dunia melalui induk usahanya yaitu Alphabet.

Salah satu pemanfaatannya adalah untuk google assistant di Allo yang bisa memberikan saran kepada kita.  Tentunya berdasarkan preferensi kita sehari-hari yang diolah dari data-data yang dikumpulkan tersebut.

Kabar baiknya, kita bisa kok menonaktifkannya, bila mau.  Caranya, sebagai berikut:

Cara menonaktifkan pelacakan Google dan menghapus sejarah masa lalu Anda

1. Klik tombol ikon roda gigi berbentuk untuk mengakses pengaturan Sejarah Anda.

Menonaktifkan layanan

Menonaktifkan layanan

2. Nonaktifkan layanan di sana dengan cara mengklik Jeda Riwayat Lokasi

Jeda riwayat lokasi

Jeda riwayat lokasi

3. Anda juga bisa menghapus riwayat lokasi caranya klik Hapus Semua Riwayat Lokasi

Hapus RIwayat Lokasi

Hapus Ruwayat Lokasi

Jika Anda ingin menghapus lokasi Google Maps telah disimpan selama 30 hari terakhir, pertama kembali ke halaman Riwayat Lokasi. Periode waktu default menunjukkan riwayat lokasi Anda untuk hari ini, sehingga Anda mungkin tidak melihat plot di peta. Gunakan menu pull-down di bawah kalender di sebelah kiri untuk menampilkan sejarah Anda selama 30 hari.

Jika Anda memilih periode waktu di mana Google Maps dilacak lokasi Anda, Anda akan melihat semua titik di mana Anda sudah berada di peta. Di bawah kalender, Anda akan melihat opsi untuk menghapus riwayat dari periode waktu yang telah Anda pilih atau menghapus semua riwayat.

Ada beberapa fitur lain yang anda bisa pelajari sendiri.  Misalnya fasilitas ekspor ke kml, unduh salinan semua data dll. Silakan dicoba sendiri!