Seagate Siapkan Harddisk 3 Terabyte

Hardisk
Di saat produsen harddisk sedang menyiapkan produk terbarunya, salah satu perusahaan pembuat media simpan akan memecahkan rekor dengan memperkenalkan harddisk 3 terabyte (TB) pertama. Seagate diperkirakan akan menghadirkan harddisk berkapasitas 3TB tersebut pada akhir tahun 2010 mendatang.
Menurut sumber, harddisk 3TB milik Seagate tersebut akan tersedia dengan variasi kecepatan putar piringan antara 5.900 sampai 7.200 RPM. Harddisk ini sendiri akan masuk ke jajaran harddisk hemat energi.
Seperti dikutip dari Techworld, setelah menghadirkan harddisk hemat energi berkapasitas lega tersebut, Seagate baru akan menghadirkan harddisk kelas performa berkapasitas 3TB yang memiliki kecepatan putar tetap di 7200RPM.
Harddisk-harddisk tersebut akan dibuat dengan teknologi yang telah digunakan Seagate pada generasi terakhir harddisk 2TB mereka. Tetapi perlu diperhatikan, harddisk berkapasitas besar tersebut harganya tidak akan murah. Selain itu, akan ada masalah kompatibilitas dengan sistem operasi lawas seperti Windows XP.
Harddisk 3TB ini sendiri memang ditargetkan untuk pengguna yang menjalankan Windows Vista atau Windows 7, Mac OS X atau varian Linux yang sudah menyediakan dukungan terhadap harddisk 2TB ke atas.
Software simulasi kemungkinan bisa membantu pengguna dengan sistem operasi usang. Akan tetapi tentunya akan ada penurunan kinerja yang bisa saja cukup signifikan.

Leave a Reply