Tablet XO 3.0, Tablet Murah Tenaga Matahari

Tablet XO 3.0, Tablet Murah Tenaga Matahari. Sebuah organisasi non-profit One Laptop Per Child (OLPC), bersama Marvell, sebuah penyedia solusi silikon terintegrasi memperkenalkan Tablet XO 3.0 di Consumer Electronics Show (CES) 2012.

Tablet XO 3.0, Tablet Murah Tenaga Matahari

Tablet seharga USD100 atau 1 juta,  akan dipersenjatai dengan sistem operasi Android atau Linux, dan dapat di-charge menggunakan tenaga matahari atau kinetik. Perangkat pintar berharga murah ini berjalan dengan dapur pacu prosesor Marvell ARMADA PXA618 SOC, bersama-sama Avastar WiFi SOC.

“Kami bangga memperkenalkan tablet XO 3.0, menampilkan desainnya, ketahanan, dan performa fitur-fiturnya yang membuat tablet ini sebagai penerus alami laptop, yang saat ini telah didistribusikan ke lebih dari 2,4 juta anak di 42 negara, dengan 25 bahasa,” kata Edward McNierney, Chief Technology Officer dari One Laptop Per Child.

Menurut International Business Times, sumber energi alternatif untuk mengisi ulang tenaga gadget akan jadi trend yang mulai berkembang, di CES tahun ini. Tablet XO 3.0 kreasi OLPC yang berukuran 8 inci tersebut, selain dilengkapi dengan baterai juga disematkan panel surya yang memudahkan pengguna memilih sumber pengisian energi perangkatnya.

Saat panel surya sedang di-charge, tablet bekerja memakai tenaga dari baterai. Setelah panel tersebut selesai diisi, pengguna bisa menghubungkannya pada sisi belakang tablet untuk mengisi daya perangkat.

Sedangkan charger kinetik berupa tuas putar (engkol), bekerja mirip dengan panel surya yang terhubung ke perangkat via sebuah port. Menurut McNierney, tablet tersebut juga dapat beroperasi menggunakan energi kinetik ddari engkol, sebagai output DC.Metode tersebut benar-benar menghilangkan kebutuhan baterai.

Oh ya, bagi yang penasaran dengan tablet nya silahkan tonton video ini :

 

Tablet XO 3.0, Tablet Murah Tenaga Matahari


Leave a Reply

error: Content is protected !!