TCL L48P1CFS TV: Curved, Smart, FHD TV Ukuran Besar Termurah

TCL L48P1CFS TV Curved, Smart, FHD TV Ukuran Besar Termurah | Terserah.info – TV anda masih tabung? Cepat ganti deh, ke Led. Kenapa? Pertimbangan utama saya adalah kesehatan. Benar. Layar TV tabung mengeluarkan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan mata anda.  Terutama anak-anak yang seringkali ingin melihat tv sedekat mungkin.

Efek Radiasi

Radiasi adalah gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh benda yang memiliki medan listrik atau magnetik.   Televisi adalah salah satunya. Pancaran radiasi berbahaya bagi kesehatan karena memicu atom melepaskan elektron menjadi ion. Jika ini terjadi pada tubuh kita, ion-ion tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sel.

Meskipun tubuh manusia memiliki sistem pertahanan untuk mengatasi kerusakan seperti itu, namun jika pancaran radiasi berlangsung lama dan terus-menerus, ia tidak akan dapat bertahan. Maka, ribuan bahkan jutaan sel yang berada dalam tubuh kita bisa mati. Dus, kesehatan akan terganggu.

Nah, TV tabung termasuk benda yang mengeluarkan radiasi yang cukup besar.  Apakah TV led tidak mengeluarkan radiasi? Prinsipnya, semuan benda yang memiliki medan listrik/magnetik memancarkan radiasi.  Namun, radiasi TV led jauh lebih kecil daripada TV tabung.

Hemat Listrik

Faktor utama kedua adalah pada keborosannya terhadap daya.  Ini menjadi penting karena semakin lama listrik menjadi semakin mahal.  Tak seperti dulu dimana pemerintah memberikan subsidi bagi hampir semua pengguna listrik, kini subsidi tersebut semakin dibatasi.  Nah, untuk itu solusinya adalah mengurangi pemakaian listrik dengan menggunakan alat-alat yang hemat daya.

Teknologi Led sangat efisien karena dia hanya mengkonversi listrik menjadi cahaya tanpa harus menghasilkan panas.  Maka selain lampu-lampu di rumah harus segera diganti dengan lampu led, televisi juga demikian.

Alasan-alasan lain yang saya pertimbangkan adalah soal kepraktisan dan estetika.  TV tabung yang tebal dan berat sangat memakan ruang, apalagi bila rumah kita mungil.

Smart & Curved

Adalagi satu pertimbangan saya dalam memilih televisi. Yaitu internet.  Ke depan, orang akan lebih banyak menonton televisi melalui internet semacam Youtube.  Yup. Apapun yang anda butuhkan kini sudah ada di internet. Maka, konektivitas dengan internet menurut saya kini sudah menjadi keharusan apabila mencari televisi.

Dan satu lagi. Curved. Apa sih kelebihan televisi layar lengkung? Tentu saja pengalaman yang lebih dalam menonton.  Layar lengkung akan memungkinkan kita mendapatkan pandangan yang lebih dalam daripada layar datar.

Ukuran besar

Menurut hitung-hitungan teori, agar dapat menikmati gambar yang bagus maka besarnya ukuran televisi untuk layar Full HD adalah jarak pandang dikali 25.  Nah, apabila rata-rata jarak pandang penonton dengan televisi sekitar 2 meter, maka ukuran televisi yang ideal adalah 50 inch.

Wah… besar juga ya.  Padahal ukuran televisi paling banyak yang dimiliki oleh orang Indonesia mungkin ukuran 32 inch.  Pertimbangannya jelas harga.  Semakin besar, tentu akan menguras kantong dalam-dalam.

Coba TCL L48P1CFS!

Namun jangan khawatir.  Anda bisa memiliki televisi led, FHD, smart dengan layar lengkung berukuran 48 inchi dengan harga 5 jutaan. Istimewanya, televis ini juga itu juga sarat dengan fitur.  Yup saya sedang berbicara tentang televisi TCL L48P1CFS.

 

Seperti TV LED lainnya, TV ini memungkinkan Anda memasangnya di dinding atau menggunakan meja berdiri. TV ini berbahan plastik dengan aksen logam perak di kedua sisinya. Layarnya memiliki bezels ramping dalam finishing hitam dilengkapi dengan desain melengkung, menjadikannya terlihat sangat premium.

Ada LED putih di bagian bawah TV untuk menunjukkan mode standby. Di sebelah kanan adalah tombol navigasi perangkat keras beserta tombol power.

Port

TV ini memiliki tiga port HDMI (salah satunya kompatibel dengan MHL) dan dua port USB – semuanya di sisi kanan. Komponen, komposit dan port VGA terdapat di bagian belakang.  Kekurangannya, sedikit sulit diakses jika dipasang di dinding.

Layarnya memiliki resolusi 1920 X 1080 piksel dengan tingkat kecerahan yang sangat baik dan sudut pandang yang lebar. Tv ini memiliki beberapa pengaturan untuk dimainkan dengan termasuk warna skin, pengurangan kebisingan, suhu warna, mode olah raga, mode bioskop, saturasi dan sebagainya.

Layar Lengkung

Seperti kebanyakan TV layar lengkung, banyak orang akan merasa diliputi oleh pengalaman mengesankan jika Anda duduk langsung di depan. Jika Anda duduk di sudut, kurva tidak memiliki dampak yang sama. Di sana ada konstruksi berkualitas karena lampu mini mal berdarah pada panel – banyak TV LED memiliki area yang luas yang berdarah ringan (sisi terang saat melihat layar yang gelap dan kosong).

Produk TCL ini juga sudah dilengkapi dengan WiFi built-in untuk konektivitas internet bersama dengan WiFi Direct dan Bluetooth. Ia juga menjalankan versi Android 5.1 yang disesuaikan dan didukung oleh prosesor quad-core, dipasangkan dengan RAM 768MB dan penyimpanan 4GB.

Audio

Untuk output audio, TV ini memiliki dua speaker 8W yang cukup keras untuk ruangan ukuran kecil hingga sedang. Mungkin Anda perlu menggunakan speaker tambahan atau soundbar untuk ruangan besar.

Kesimpulannya, TCL L48P1CFS  adalah  TV LED melengkung HD termurah yang ada saat ini dan dilengkapi dengan garansi 2 tahun. Meskipun memiliki fitur-fiturnya masih standard, namun dia adalah pilihan terbaik bagi yang ingin televisi layar lengkung dengan harga terjangkau.