Ubuntu Akan Segera Hadir di Tablet PC dan Smartphone

Ubuntu Developer Summit, sebuah event dua tahunan dimana anggota komunitas pengembangan Ubuntu berkumpul untuk membahas versi selanjutnya dari distribusi populer tersebut, akan mengambil tempat di Florida, minggu depan. Seperti biasa, Mark Shuttleworth, bapak Ubuntu ini akan membawakan presentasi sebagai pembuka.
Ubuntu Akan Segera Hadir di Tablet PC dan Smartphone

Menurut sebuah laporan dari CNet, Mark mengumumkan perencanaan untuk membawa Ubuntu untuk hadir di smartphone dan tablet. Canonical mengatakan bahwa mereka sudah mendiskusikan rencana dengan rekanan penyedia hardware selama 18 bulan terakhir ini. Belum ada hardware vendor spesifik yang disebutkan dan belum ada waktu yang jelas mengenai ketersediaan produk mereka ini.

Canonical akan berfokus pada stabilisasi dan peningkatan platform dari Ubuntu versi enterprise, dimana Ubuntu 12.04 yang dijadwalkan rilis pada April akan menawarkan long-term support untuk pengguna bisnis. Setelah rilis 12.04, baru perilisannya akan berfokus ke mobile.

Desktop environment Unity memainkan peranan penting di rencana Canonical untuk membawa Ubuntu ke layar yang lebih kecil. Meski beberapa detail mengenai mobile platform Ubuntu sudah ada, namun informasi yang lebih banyak akan muncul saat Shuttlework membawakan presentasi di Ubuntu Developer Summit.

Rencana Canonical ini menurut saya memang sudah bisa diperkirakan, dan cukup ambisius. Alasannya adalah, seperti yang diketahui, Ubuntu adalah distribusi Linux terpopuler di dunia (menurut situs Distrowatch) no. 1, dan karena itulah, tinggal waktu saja Canonical sebagai pengembang berusaha memperluas pasar yang dimiliki, setelah pasar desktop sudah berhasil diambil alih Ubuntu, maka pasar lainnya yaitu tablet dan smartphone. Pertanyaan penting yang kini muncul adalah, bisakah nanti Ubuntu bersaing dengan pasar ketat di bidang smartphone dan tablet, karena yang kita tahu, kedua pasar tersebut sudah dipegang dua pemain besar lainnya, yaitu Android dan iOS. Jawabannya hanya bisa menunggu waktu saja. dan kalau menurut saya rata rata pengguna Linux di dunia hanya 1,97 persen saja ini dikarenakan para pengguna tidak tertarik untuk menggunakan linux dibanding OS lain! kalau menurut pendapat kalian gimana??

Leave a Reply