Windows 8 Andalan Baru Microsoft untuk Tekuk iPad

Microsoft telah menyiapkan sistem operasi Windows 8 terbaru pada Selasa untuk mengalahkan dominasi Apple sebagai perusahaan paling bernilai di dunia yang melampaui Microsoft pada tahun lalu. Sebenarnya, para petinggi Microsoft tidak mengkhawatirkan MacBook atau Mac OS X Lion melainkan dominasi iPad yang merajai pasar.

iPad memulai perjalanannya dengan lambat sejak debutnya tahun lalu, tapi berkat kecerdikan Apple yang menawarkan harga dari level yang murah dan kampanye pemasaran yang kuat, pelan tapi pasti perangkat itu telah terjual lebih dari 25 juta unit dalam waktu kurang dari satu tahun setengah.
Lebih penting lagi, Apple telah menetapkan kategori perangkat baru yaitu tablet di mata konsumen. Banyak pesaing iPad yang datang dan pergi, tetapi tidak ada yang mampu mematahkan pertumbuhan cepat iPad.
Tablet HP TouchPad telah menyerah, tablet RIM Playbook tertinggal jauh di belakang dan sudah tak terhitung tablet Android yang tergelincir di pinggir jalan. Hingga saat ini, tidak ada tablet yang muncul sebagai pesaing kuat iPad.
Hal itu menyajikan sekelumit masalah besar dan peluang bagi Microsoft untuk meruntuhkan dominasi Apple di pasar tablet sebagaimana Microsoft yang lakukan di pasar PC. Pasar membutuhkan pesaing kuat iPad dan pesaing itu nantinya harus memiliki posisi yang kuat untuk merebut setengah pangsa pasar tablet yang tumbuh cepat.
Kesuksesan Microsoft dalam pasar tablet nantinya akan meningkatkan nilai tawar Microsoft untuk meredakan kekhawatiran investor dalam pertumbuhan pasar PC yang menyusut dan mengatur kembali pertumbuhan di masa depan. Karena itu, sistem operasi terbaru Windows 8 memegang peranan penting karena sistem operasi itu baru itu dapat berjalan di PC dan tablet.

Leave a Reply